30th March 2018 Makkah Fajr Sheikh Juhany - Surat As Sajdah dan Al Insan


Surat  As Sajdah dan Al Insan dianjurkan dibaca ketika sholat subuh di hari Jumat.
Jumat merupakan hari yang dipenuhi keutamaan. Rasulullah pun menganjurkan umat Islam untuk memperbanyak amalan sunah di hari ini.
Amalan sunah di hari Jumat cukup banyak. Beberapa di antaranya seperti mandi Jumat, mengenakan wewangian, bersedekah, dan lain sebagainya.
Salah satu dari amalan sunah tersebut yaitu membaca Surat As Sajdah dan Al Insan. Hal ini didasarkan pada hadis riwayat Muslim, dari Abu Hurairah RA.

Rasulullah SAW membaca 'alif lamim tanzil..’ (surat As Sajdah) pada rakaat pertama sholat
Subuh
 di hari Jumat. Sementara pada rakaat kedua, beliau membaca 'hal ata 'alal insani… (surat Al Insan).

Lantas, apa hikmah di balik disunahkannya amalan ini?
Imam As Suyuthi dalam kitab Nurul Lum'ah fi Khashaish Jum'ah memberikan penjelasan sebagai berikut.
" Di antara hikmah membaca kedua surat di atas ialah untuk mengingat penciptaan Adam dan kondisi hari kiamat, karena keduanya terjadi pada hari Jumat. Ibnu Dahiyyah menjelaskan, ada pula yang berpendapat bahwa kesunahan membaca surat tersebut dikarenakan di dalamnya ada sujud sajadah. Sebab itu, Ibnu Abi Syaibah meriwayatkan dari
Ibrahim An Nakha'i bahwa kita disunahkan membaca setiap surat yang terdapat di dalamnya ayat sajadah pada Subuh hari Jumat."

Para ulama berbeda pendapat tentang kesunahan membaca Surat As Sajdah dan Al Insan. Sebagian ulama menyatakan kesunahan ini didasarkan pada kandungan surat yang menjelaskan proses penciptaan Adam.


Sementara pendapat sebagian ulama lainnya menyatakan dua surat ini disunahkan untuk dibaca di hari Jumat karena adanya ayat-ayat sajadah di dalamnya.

You Might Also Like

0 komentar