Hukum Meletakkan al-Quran di Lantai
Afwan
tanya tadz, apa hukum meletakkan al-Quran di lantai? Apakah diperbolehkan atau
tdk? sukron.
Jawab:
Bismillah
was shalatu was salamu ‘ala Rasulillah, wa ba’du,
Bagian dari memuliakan
kitabullah adalah dengan meletakkan di tempat yang terhormat. Ini tidak hanya
berlaku untuk al-Quran, termasuk kitab Allah yang diturunkan sebelumnya,
seperti injil atau taurat.
Ibnu Umar radhiyallahu
‘anhuma bercerita,
أَتَى نَفَرٌ مِنْ
يَهُودَ فَدَعَوْا رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- إِلَى الْقُفِّ
فَأَتَاهُمْ فِى بَيْتِ الْمِدْرَاسِ فَقَالُوا يَا أَبَا الْقَاسِمِ إِنَّ
رَجُلاً مِنَّا زَنَى بِامْرَأَةٍ فَاحْكُمْ بَيْنَهُمْ فَوَضَعُوا لِرَسُولِ
اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- وِسَادَةً فَجَلَسَ عَلَيْهَا ثُمَّ قَالَ «
ائْتُونِى بِالتَّوْرَاةِ ». فَأُتِىَ بِهَا فَنَزَعَ الْوِسَادَةَ مِنْ تَحْتِهِ
فَوَضَعَ التَّوْرَاةَ عَلَيْهَا ثُمَّ قَالَ « آمَنْتُ بِكِ وَبِمَنْ أَنْزَلَكِ
». ثُمَّ قَالَ « ائْتُونِى بِأَعْلَمِكُمْ ». فَأُتِىَ بِفَتًى شَابٍّ ثُمَّ
ذَكَرَ قِصَّةَ الرَّجْمِ
Ada
beberapa orang dari Yahudi mengundang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk
datang ke Quf (nama suatu lembah di Madinah). Lalu beliau mendatangi mereka di
Baitul Midras (tempat belajar Yahudi). Mereka mengatakan, ‘Wahai Abul Qosim,
ada lelaki diantara kami yang berzina dengan wanita. Tolong berikan putusan
hukum untuk kami. Merekapun membawakan kursi untuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa
sallam dan beliau duduk. Lalu beliau bersabda, “Bawakan Taurat kepadaku.” Lalu
mereka membawakan Taurat. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam langsung mengambil
kursinya dan beliau letakkan Taurat di kursi itu. Beliau bersabda, “Aku beriman
kepadamu dan kepada Dzat yang menurunkanmu.” Kemudian beliau bersabda, “Panggil
orang yang paling ngerti Taurat diantara kalian!” lalu datanglah seorang
pemuda.. hingga akhir kisah, kedua yahudi yang berzina tadi mereka dirajam.
(HR. Abu Daud 4451 dan dihasankan al-Albani)
Yang menjadi kepentingan kita
dari hadis ini adalah sikap Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika
beliau meletakkan Taurat. Beliau letakkan kitab suci itu di atas kursi, bukan
di lantai. Yang ini menunjukkan bagaimana penghormatan beliau terhadap kitab
Allah, termasuk Taurat.
Dan semua upaya memuliakan
al-Quran adalah kewajiban. Memuliakan dalam arti, melindungi al-Quran dari
kondisi dihinakan.
An-Nawawi mengatakan,
أجمع العلماء على
وجوب صيانة المصحف واحترامه
“Ulama sepakat wajibnya
menjaga mushaf al-Quran dan memuliakannya.” (al-Majmu’, 2/71).
Boleh diletakkan di Lantai jika Dibutuhkan
Jika terpaksa harus
diletakkan di lantai, selama tidak ada kesan menghinakan, dibolehkan oleh
beberapa ulama.
Imam Ibnu Utsaimin
mengatakan,
ومن النصيحة
لكتاب الله عز وجل : أن لا تضعه في موضع يمتهن فيه ، ويكون وضعه فيه امتهاناً له ،
كمحل القاذورات ، وما أشبه ذلك
Bagian dari bersikap baik
terhadap kitabullah adalah hendaknya tidak diletakkan di tempat yang hina.
Sehingga ketika al-Quran diletakkan di sana, terhitung menghina al-Quran.
Seperti tempat-tempat kotor atau semacamnya.
وأما وضع المصحف
على الأرض الطاهرة الطيبة : فإن هذا لا بأس به ، ولا حرج فيه ؛ لأن هذا ليس فيه
امتهان للقرآن ، ولا إهانة له ، وهو يقع كثيراً من الناس إذا كان يصلي ويقرأ من
المصحف وأراد السجود يضعه بين يديه : فهذا لا يعدُّ امتهانا ، ولا إهانة للمصحف ،
فلا بأس به
Sementara meletakkan mushaf
di tanah yang baik dan suci, hukumnya dibolehkan dan tidak masalah. Karena ini
tidak terhitung menghina al-Quran. Dan ini banyak terjadi di masyarakat, ketika
mereka shalat sambil membaca mushaf, ketika hendak sujud mereka letakkan di
depannya. Ini tidak termasuk penghinaan atau menghina al-Quran, sehingga tidak
masalah. (Syarh Riyadhus Shalihin, 1/423).
Demikian, Allahu
a’lam.
https://konsultasisyariah.com
0 komentar