Tidak Boleh Berdoa Kepada Selain Allah


Tidak Boleh Berdoa Kepada Selain Allah

Allah Ta’ala berfirman:

Dan barang siapa berdoa kepada selain Allah bersamaan dengan berdoa kepada Allah, padahal tidak ada suatu dalil pun baginya tentang itu, maka sesungguhnya hisabnya di sisi Rabb-nya. Sesungguhnya orang-orang yang kafir itu tiada beruntung” (QS. Al Mu’minun: 117).
Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin menjelaskan: “Allah Subhanahu wa Ta’ala menjelaskan bahwa orang yang berdoa kepada selain ia juga berdoa kepada Allah, maka ia kafir, karena Allah berfirman (yang artinya): ‘Sesungguhnya orang-orang yang kafir itu tiada beruntung‘”.
Beliau juga menjelaskan: “Maka barangsiapa yang berdoa kepada selain Allah Azza wa Jalla untuk meminta sesuatu yang tidak dimampui kecuali oleh Allah, maka ia musyrik dankafir, maka yang ditujukan doa tersebut sudah mati maupun masih hidup” (Syarah Tsalatsatil Ushul, hal 55-57).
Maka tidak boleh berdoa meminta jodoh, meminta rezeki, naik jabatan, lulus ujian, lolos pilkada, usaha lancar, dagangan laris, dan semisalnya kepada selain Allah, karena ini merupakan perbuatan kesyirikan.
Wallahu a’lam.

(https://kangaswad.wordpress.com)

You Might Also Like

0 komentar