Rumah Tahfidz Al Qur'an

PENGERTIAN RUMAH TAHFIDZ AL QUR’AN

Rumah artinya adalah bangunan untuk tempat tinggal, sedang Tahfidz berasal dari kata hafadzo yang berarti menjaga. Adapun yang dimaksud "menjaga" disini adalah dengan cara menghafal Al- Qur’an. Rumah Tahfidz adalah Rumah yang disediakan bagi aktifitas Tahfidz/menghapal al-qur’an. 

Kenapa RUMAH yang dijadikan tempat TAHFIDZ.  Ide dasarnya adalah agar para penghafal-penghafal Al- Qur’an tidak melulu lahir melalui eksklusifitas pondok pesantren semata, tetapi dapat tumbuh & berkembang di tengah masyarakat.dimana melalui RUMAH ini diharapkan adanya keterlibatan potensi masyarakat yang ada, baik para Hafidz (guru ngaji yang hafal Al Qur’an), alim ulama, tokoh masyarakat maupun para pencari Ridlo Allah yang bersedekah/berinfaq bagi kemajuan program ini. 

Dengan kata lain Rumah Tahfidz ini adalah suatu upaya untuk ikut membentuk Generasi yang Qur'ani yang hadir dari masyarakat, di kelola oleh masyarakat dan insya Allah para santrinya di kemudian hari dapat berkarya dalam membentuk masyarakat yang Baldatun Thayyibatun wa Rabbun Ghafuur.


You Might Also Like

0 komentar