Disunnahkan Membaca Al-Kafirun dan Al-Ikhlas Pada Shalat Sunnah Fajar dan Maghrib
- 10.42
- By faridan
- 0 Comments
Pertanyaan: “Apakah membaca dua surat [Al-Kafirun dan Al-Ikhlas] di awal hari dan akhirnya [di kedua rakaat shalat sunnah Fajar dan Maghrib] termasuk sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah -shallallahu alaihi wa sallam-?”
الحمد لله
أولا :
نعم ، يستحب قراءة سورتي “الكافرون” و “الإخلاص” في سنة الفجر وفي سنة المغرب ، وقد ثبت ذلك في السنة الصحيحة عن النبي صلى الله عليه وسلم :
فعن أبي هريرة رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم ( قَرَأَ فِي رَكعَتَي الفَجرِ “قُلْ يَا أَيُّهَا الكَافِرُونَ ” و ” قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ ” ) رواه مسلم (726) .
Jawaban: Alhamdulillah
Pertama:
Ya, dianjurkan untuk membaca surat Al-Kafirun dan Al-Ikhlas pada shalat sunnah Fajar dan Maghrib. Hal itu telah tertetapkan di sunnah Nabi yang shahih. Dari Abu Hurairah -radhiyallahu anhu- bahwasanya Rasulullah -shallallahu alaihi wa sallam- ‘membaca di dua rakaat Fajar [Surat Al-Kaafiruun] dan [Surat Al-Ikhlas]‘ [H.R. Muslim: 726]
وعن ابن عمر رضي الله عنهما قال : ( رَمَقتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ عِشرِينَ مَرَّةً يَقرَأُ فَي الرَّكعَتَينِ بَعدَ المَغرِبِ ، وَفِي الرَّكعَتَينِ قَبلَ الفَجرِ : ” قُلْ يَا أَيُّهَا الكَافِرُونَ ” و ” قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ ” ) رواه النسائي (992) وقال النووي في “المجموع” (3/385) : إسناده جيد . وصححه الألباني في “السلسلة الصحيحة” (3328) والشيخ أحمد شاكر في تحقيق المسند (8/89) .
Dari Ibnu Umar -radhiyallahu anhuma- berkata: ‘Sekali ku pandang Rasulullah -shallallahu alaihi wa sallam- sepintas saat dua rakaatnya sebelum Maghrib dan juga dua rakaatnya sebelum Fajar [Subuh]: ‘Qul Yaa Ayyuhal Kaafiruun’ dan ‘Qul Huwa Allaahu Ahad’” [H.R. Nasaa'i 992, dan An-Nawawy berkata di Al-Majmuu' 3/385: isnadnya jayyid. Al-Albany mensahihkannya di 'As-Silsilah Ash-Shahiihah {3327} dan Syaikh Ahmad Syakir dala Tahqiiq Al-Musnad 8/89]
قال المباركفوري في “تحفة الأحوذي” (2/418) : ” أي : يقرأ في الركعة الأولى منهما ” قل يا أيها الكافرون” ، وفي الثانية ” قل هو الله أحد ” انتهى . وقد نص العلماء على استحباب قراءة هاتين السورتين في سنتي الفجر والمغرب ، عملاً بهذه الأحاديث . انظر : “المغني” (1/435) ، “مغني المحتاج” (1/464) ، “الفتاوى الفقهية الكبرى” (1/192) ، الموسوعة الفقهية (27/159) .
Al-Mubarakfury berkata di Tuhfah Al-Ahwadzy 2/418: ”Yakni: membaca di rakaat pertama ‘Qul yaa ayyuhal kaafirun’ dan rakaat kedua ‘Qul huwa Allahu ahad’” Para ulama telah menulis perihal dianjurkannya membaca dua surat ini di shalat sunnah Fajar dan Maghrib, sebagai pengamalan terhadap hadits-hadits ini.
Lihat: Al-Mughny: 1/435, Mughny Al-Muhtaaj 1/464, Al-Fataawa Al-Fiqhiyyah Al-Kubra 1/192, Al-Mausuu’ah Al-Fiqhiyyah 27/159
ثانيا :
وأما الحكمة من قراءة هاتين السورتين ، فلأنهما قد اشتملتا على أنواع التوحيد الثلاثة ، فسورة “قل هو الله أحد” اشتملت على توحيد الربوبية والأسماء والصفات ، فأثبتت أن الله تعالى إله واحد ، ونفت عنه الولد والوالد والنظير ، وهو مع هذا “الصمد” الذي اجتمعت له صفات الكمال كلها .
KEDUA:
Adapun hikmah dari membaca kedua surat ini; karena keduanya mencakup macam-macam tauhid yang ada tiga. Surat Al-Ikhlas mencakup Tauhid Rububiyyah dan Asma wa Sifat. Ia menetapkan bahwa Allah Ta’ala adalah Sesembahan [Ilaah] yang Satu, dan menafikan darinya keberadaan anak, walid dan penyerupa. Dan beserta itu, Dia adalah Ash-Shamad [Yang segala sesuatu membutuhkan dan bergantung pada-Nya] yang berkumpul padanya sifat-sifat kesempurnaan semuanya.
وسورة “قل يا أيها الكافرون” تضمنت توحيد العبادة ، وأن العبد لا يعبد إلا الله ، ولا يشرك به في عبادته أحداً ، فلذلك ” كان الرسول صلى الله عليه وسلم يفتتح بهما النهار في سنة الفجر ، ويختم بهما في سنة المغرب ، وفي السنن أنه كان يوتر بهما ، فيكونان خاتمة عمل الليل كما كانا خاتمة عمل النهار ” انتهى . قاله ابن القيم في “بدائع الفوائد” (1/145-146) .
Dan surat Al-Kafirun mencakup Tauhid Ibadah, bahwasanya seorang hamba tidak menyembah atau beribadah melainkan hanya kepada Allah, dan tidak menyekutukan peribadatan dengan siapapun. Maka karena itulah Rasulullah -shallallahu alaihi wa sallam membuka hari dengan kedua surat tersebut di shalat sunnah Fajar, dan menutup hari dengan keduanya di shalat sunnah Maghrib. Dan diriwayatkan dalam Sunan bahwa beliau juga menunaikan witir dengan keduanya. Maka keduanya menjadi penutup amalan malam sebagaimana keduanya juga menjadi penutup amalan siang.”
Ibnu Al-Qayyim dalam Badaa’i Al-Fawaaid 1/145-146
Wallahu a’lam
http://islam-qa.com/ar/ref/85349
0 komentar